4 Mei 2009

Memperkenalkan "Seven Summit Indonesia"

Orang-orang sudah tidak asing lagi dengan istilah seven summit, yaitu 7 puncak tertinggi di tujuh benua dunia.
Selaras dengan hal tersebut saya juga ingin mengenalkan konsep Tujuh puncak Indonesia yang mana ketujuh puncak tersebut merupakan puncak tertinggi dari pulau/kepulauan besar utama di Indonesia.


Untuk itu saya membagi pulau dan kepulauan di Indonesia menjadi tujuh kelompok besar yaitu sbb:

Sumatera
Adalah sebuah pulau utama

Jawa
Adalah sebuah pulau besar utama

Bali - Lombok - Sumbawa - Flores
Kepulauan ini dianggap sebagai satu kelompok besar.

Kalimantan
Adalah sebuah pulau besar utama

Sulawesi
Adalah sebuah pulau besar utama

Maluku
Kepulauan ini ini dianggap sebagai satu kelompok besar

Papua
Adalah sebuah pulau besar utama

Berdasarkan pengelompokan diatas maka The Seven Summit Indonesia itu adalah sebagai berikut:

Sumatera
Puncak tertingginya adalah puncak Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.800 m dari permukaan laut. Gunung ini berada di perbatasan propinsi Sumatera Barat dan Jambi

Jawa
Puncak tertingginya adalah puncak Gunung Semeru dengan ketinggian 3.637 m dari permukaan laut. Gunung ini berada di propinsi Jawa Timur

Bali-Lombok-Sumbawa-Flores
Puncak tertinggi di kelompok kepulauan ini dipegang oleh puncak Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 m dari permukaan laut. Gunung berada di propinsi Nusa Tenggara Barat

Kalimantan
Seharusnya puncak tertinggi di pulau ini adalah puncak gunung Kinabalu, akan tetapi berhubung puncak tersebut berada di negeri jiran Malaysia, maka tidak termasuk kedalam kelompok tujuh puncak tertinggi di tujuh kepulauan/pulau Indonesia. Untuk itu puncak tertinggi di pulau Kalimantan dipenggang oleh puncak Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278m dari permukaan laut. Gunung ini berada di perbatasan propinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan tengah.

Sulawesi
Puncak tertinggi dipulau ini adalah puncak Pegunungan Latimojong dengan nama puncak tertingginya yaitu puncak Rante Mario dengan ketinggian 3.430 m dari permukaan laut.
Berada di propinsi Sulawesi Selatan.

Maluku
Dengan puncak tertingginya Gunung Binaiya dengan ketinggian 3.027 m dari permukaan laut berada di pulau seram maluku.

Papua
Puncak tertinggi di pulau ini dipegang oleh pegunungan Jaya Wijaya dengan puncak tertingginya Carstenzs dengan ketinggian 4.884 m dari permukaan laut.

Saya mengenalkan konsep tujuh puncak di tujuh pulau/kepulauan utama Indonesia ini dengan harapan teman-teman sesama mountaineer Indonesia juga bisa berbangga karena negara kita banyak sekali gunung-gunung yang bisa didaki dan memiliki pemandangan yang indah serta juga sisi petualangan yang tak kalah serunya. Mungkin dengan konsep tujuh puncak ini kita juga bisa lebih memajukan minat wisata petualangan di Indonesia.

Sudahkah anda mendaki ketujuh puncak tersebut???
Nature Trekker

2 komentar:

arthur mengatakan...

ternyata puncak kerinci sama puncak Carstenzs beda tipis ya..

indoneter mengatakan...

ternyata puncak kerinci sama puncak Carstenzs beda tipis ya..