12 Apr 2009

Yang Harus Dilakukan Sebelum Pendakian

1.Perencanaan Pendakian :

I. Mencari Informasi.
Untuk mendapatkan data-data kita dapat memperoleh dari literatur- literatur yang berupa buku-buku atau artikel-artikel yang kita butuhkan atau dari orang-orang yang pernah melakukan pendakian pada objek yang akan kita tuju.

Langkah terakhir ialah meminta informasi dari penduduk setempat atau siapa saja yang mengerti tentang gambaran medan lokasi yang akan kita daki.

II. Membuat ROP(Rencana Operasi Perjalanan).
Buatlah perencanaan secara detail dan rinci, yang berisi tentang daerah mana yang dituju, berapa lama kegiatan berlangsung, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, makanan yang
perlu dibawa, perkiraan biaya perjalanan, bagaimana mencapai daerah tersebut, serta prosedur pengurusan ijin mendaki di daerah tersebut. Lalu buatlah ROP secara teliti dan sedetail mungkin, mulai dari rincian waktu sebelum kegiatan sampai dengan setelah kegiatan.
Aturlah pembagian job dengan anggota pendaki yang lain(satu kelompok), tentukan kapan waktu makan, kapan harus istirahat, dan sebagainya.

2.Persiapan :

I. Fisik.
Beberapa latihan fisik yang perlu kita lakukan
i. Stretching (perenggangan)
Sebelum dan sesudah melakukan aktifitas olahraga, lakukanlah
perenggangan, agar tubuh kita dapat terlatih kelenturan
ii. Jogging (lari pelan-pelan)
Lama waktu dan jarak sesuai dengan kemampuan kita, tetapi waktu,
jarak dan kecepatan selalu kita tambah dari waktu sebelumnya.
iii. Sit-up, push-up dan pull-up
Lakukan sesuai kemampuan kita dan tambahlah porsinya melebihi
porsi sebelumnya.
iv. Pengetahuan alam bebas
Kemampuan minimal yang perlu bagi pendaki adalah pengetahuan
tentang navigasi darat, survival serta PPPK praktis.
v. Mental
Mental amat berpengaruh, karena jika mentalnya sedang fit,
maka fisik pun akan fit, tetapi bisa saja terjadi sebaliknya.

II. Kelengkapan administrasi
Mempersiapkan seluruh prosedur yang dibutuhkan untuk perijinan
memasuki kawasan yang akan dituju.

III. Kelengkapan peralatan pendukung
Perlengkapan yang kita butuhkan adalah :
* Tas Ransel
* Topi Rimba
* Pakaian yang menyerap keringat
* Celana Lapangan dari bahan kain dan cepat kering jika basah.
* Jas Hujan/Raincoat
* Jaket Tebal
* Kaos Kaki tebal

Fig.1
Memakai ransel di punggung Jangan mengangkat ransel dari bawah ke pundak lalu ke punggung anda tanpa kuda2 dikaki. Pertama angkat ransel pada kaitnya kuat2, lalu masukkan satu lengan sampai batas tali pundak di pundak. Setelah itu baru masukkan lengan satunya lagi. Jika anda tdk dapat mengangkat langsung, anda dpt angkat ransel dan menaruhnya dipaha anda terlebih dahulu kemudian baru di kaitkan ke pundak sampai ke posisi yang paling baik.

Fig.2
Menyesuaikan ransel Sewajarnya untuk pemakaian, ransel harus terisi penuh dan semua tali pengikat di kendurkan dahulu. Dan yang terpenting semua tali pinggang dan pundak akan dikencangkan (2). Selalu awali pengencangan pertama di tali pinggang kemudian baru tali pundak dan posisi tali penyetel lainnya. Kurang lebih setengah dari tali pinggang harus menutupi tulang pinggang. (3) Kencangkan tali pundak, pastikan bahan lapisan pelindung melingkar dipundak. Tapi jangan terlalu kencang ataupun terlalu kendur sehingga tali pengikat menjadi longgar & jauh dari pinggang atau pundak (4). Posisi tali penyetel di pundak harus berada disekitar rusuk. Pastikan bahwa tali tersebut lancar/tdk macet dengan mengencangkan secara perlahan sampai di posisi yang paling baik. Posisi paling baik adalah bila sudut tali sebesar 20° dan 30° dari garis horizontal. Bila kurang dari 20° anda harus memilih punggung tas yg panjang dan jika lebih dari 30° pilih yang punggungnya lebih pendek. (5) Dan tali pengencang bawah mengurangi beban dari tali penyetel atas / pundak.(Penting saat pendakian, pemanjatan dan ski)

Fig.3 Fig.4 Fig.5 Fig.6
Packing Semakin dekat barang berat yg kita bawa ke arah tubuh, semakin mudah memakai ransel dan menyeimbangkan saat dibawa. Barang yg berat kita tempatkan dengan dikelilingi barang ringan. Hanya barang2 yg sering di pergunakan kita taruh diluar, tapi banyak macam ransel yang menyediakan kantung praktis disampingnya untuk menaruh barang, contohnya seperti tiang tenda. Kantung tidur diletakkan paling bawah ransel. Juga dgn kantong tambahan membuat semua barang dapat tertata rapi dalam ruang utama.

Fig.7
Sternum strap Secara anatomi tubuh, design tali bentuk S dari TATONKA membuat leluasa dalam pergerakan dan juga mengurangi beban pada otot leher. Tali pundak yg dapat disetel dari TATONKA juga memberikan keleluasaan dalam berbagai gerakan seperti ketika ber- ski atau memanjat, dpt menyeimbangkan posisi tali pundak dan mencegah ransel terlepas dari pundak.

Fig.8
Menyetel tali pundak.(8) Anda dapat mengatur panjang dari tali pundak dengan menyetelnya pada system pengatur diransel. Saat melakukannya, saat melakukannya penting bahwa tali bentuk S ini akan sangat mengurangi beban pada otot leher . (9) anda dapt melepas tali pundak dengan membuka perekat dan tali dalamnya. Kemudian keduanya harus benar-benar terbebas dari system pengikatnya. Ketika anda menyetelnya pastikan dulu bahwa posisi menghadap ke atas. Tali pundak dapat dipanjangkan dengan menyetel posisi penempatannya ke bagian atas atau ke bagian bawah. (10)

Fig.9 Fig.10 Fig.11 Fig.12
Rain cover Untuk Ranselnya, TATONKA menggunakan bahan berkualitas dan tahan air seperti Cordura®, ini dimaksudkan agar dapat melindungi isi ransel bila cuaca buruk. Tetapi ini hanya jika hujan sangat lebat dan rain cover diperlukan (Tersedia sebagai accecories dari Produk TATONKA). Cover ini juga tersedia untuk berbagai ukuran juga dapat melindungi ransel dari kotoran dengan baik.

Membesihkan Ransel.
Karena bahan dasar biasanya terbuat dari PU (Polyeurethane) dan material lain pada konstroksi ransel, maka ransel tidak dapat dicuci dengan mesin pencuci. Untuk mencuci gunakan sikat kering dan gosok dengan lap basah. Jangan gunakan detergent yg dpt merusak warna/bahan ransel. Cadangan Kepala Sabuk adalah bagian yang paling rentan.
Jika anda memutuskan untuk membawa TATONKA's Outdoor Repair Kit, anda harus membawa Kepala sabuk untuk tali pundak dan tali pinggang.
Diterjemahkan dari TATONKA Outdoor

0 komentar: