11 Apr 2009

Lima Gunung Api Aktif Diawasi Aktivitasnya

BANDUNG, - Pengawasan terhadap lima gunung api di Sulawesi ditingkatkan menyusul gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang diikuti rangkaian gempa lainnya di Kepulauan Talaud, Sulawesi.

Kelima gunung api yang mendapat pengawasan intensif itu adalah Gunung Lokon, Karangetang, Ruang, Awu, dan Gunung Soputan.

"Gempa dikuatirkan mengocok kantung magma sehingga meningkatkan aktivitas vulkanik gunung itu. Namun hingga kini belum ada yang mengalami kenaikan status," kata Kepala Bidang Pengawasan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Hendrasto di Bandung, Jumat (13/2).

Dari kelima gunung api di kawasan gempa itu. tercatat Gunung Karangetang dengan status aktivitas tertinggi yakni Siaga (Level III). Gunung Lokon dan Soputan waspada (level II) sedangkan Gunung Ruang dan Awu aktif normal.

Menurut Hendrasto, serangkaian gempa masih terjadi di kawasan itu. Berdasarkan pantaian seismograf di Posko Pengawasan kelima gunung api itu, melaporkan getaran gempa terekam lebih dari 170 kali gempa, 30 gempa diantaranya goyangannya terasa.

"Peningkatan pengawasan gunung api itu dilakukan dalam beberapa hari ke depan, seismograf dan aktivitas gunung secara visual juga terus dipantau," kata Hendrasto.

Biasanya, kata dia dampak gempa bumi yang terus menerus baru dirasakan setelah beberapa hari kemudian seperti gelembung-gelembung udara minuman bersoda yang naik ke permukaan. Meski demikian, ia mengimbau warga di sekitar kawasan gunung api itu tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu yang menyesatkan terkait aktivitas gunung api itu.

"Sekali digoyang mungkin tidak bereaksi, kalau dikocok atau digoyang terus menerus kan bereaksi ke atas, kantung magma juga sama seperti itu. Bila terus digoyang kantung Magma bisa menekan energinya ke kawah gunung api," jelas Hendrasto.

Saat ini, ada tujuh belas gunung api yang mendapat pengawasan intensif PVMBG karena aktivitasnya siaga dan waspada. Dua gunung api berstatus Siaga (Level III) yakni Gunung Karangetang dan Gunung Ibu. Sedangkan 15 gunung api lainnya berstatus waspada (level II) yakni Gunung Dempo, Soputan, Dukono, Anak Krakatau, Semeru, Lewotobi, Egon, Gamalama, Papandayan, Lokon, Talang, Kelud, Kerinci, Gamkonora, dan Gunung Bromo.
KOMPAS

0 komentar: