7 Apr 2009

Jalur Lain ke Segoro Wedi ( Puncak Gunung Slamet )

Biasanya pendakian gunung Slamet ditempuh lewat jalur Bambangan, Baturraden, atau Kedawung, namun apakah anda tahu kalau ada jalur baru untuk bisa mencapai puncak "Segoro Wedi" itu?


Ya, jalur itu adalah melalui kawasan wanawisata Guci di Kabupaten Tegal.
Jalur Guci dapat ditempuh dari Jakarta dengan menggunakan bis jurusan Bumiayu atau Purwokerto (Bis Sinar Jaya, Dedy Jaya, atau Dewi Sri) lalu turun dipertigaan Yomani yg merupakan akses menuju wanawisata Guci. Dari Yomani anda bisa menggunakan mobil pick up menuju Guci dengan membayar Rp.6000,- lalu sesampainya di Guci anda dapat menuju pos pendakian/perhutani (yang kurang terkelola dengan baik).

Di sana anda bisa mendirikan tenda untuk beristirahat,atau anda juga bisa mandi air panas di pemandian umum Guci, GRATIIISS!!!
Jalur pendakian diawali dengan bentangan tanah berbatu kerikil yang cukup keras dan cukup terjal hingga 1,5 jam kemudian anda tiba di pos 1(Pondok Pinus).
Dari pos 1 menuju pos 2 yaitu mulai memasuki hutan pinus sampai akhirnya tiba di pos2 yang merupakan akhir dari bentangan hutan cemara setelah hutan pinus.
Pos2 merupakan tanah kosong yang cukup luas dan bisa digunakan untuk beristirahat sejenak.

Pos3 jaraknya cukup dekat dengan pos2, yaitu sekitar 0.5 jam.
Anda bisa langsung terus melanjutkan perjalanan tanpa berhenti di pos3.
Pos3 menuju pos4 jaraknya cukup jauh dan sudah mulai terjal ,sehingga dianjurkan di pos lintas 3-4 anda melepas lelah sejenak sebelum melanjutkan ke pos4.
Pos4 cukup kondusif untuk ngecamp tapi kurang bagus untuk summit attack karena jaraknya masih cukup jauh dengan puncak.

Sebaiknya anda melakukan summit attack dari pos5 (pondok edelweiss) karena ini adalah pos terakhir yang berupa batas vegetasi dengan batuan vulkanik.
Dari pos 5, puncak dapat ditempuh dengan waktu 45 menit. Namun perlu diingat, turunlah dari puncak sebelum pkl.9 pagi karena pada jam itu kabut sudah mulai naik.
Setelah turun dari puncak menuju ke bawah anda dapat melepas lelah dengan mandi air panas. Selamat Mencoba!

0 komentar: